Selasa, 03 April 2012

Pengertian Tema WordPress

pengertian tema wordpress



Pengertian Tema WordPress | Cara Membuat Blog Berikut ini sedikit saya kupas mengenaipengertian tema wordpress yang harus digunakan untuk mendesain tampilan dan tata letak blog wordpress yang teman-teman miliki, Lihat saja ketika teman-teman pertama kali menginstall wordpess di hosting, teman-teman sudah dapat menggunakan tema default wordpress yaitu yang bernama twenty eleven, coba lihat gambar berikut:




contoh tema default (bawaan) wordpress









Pengertian Tema WordPress
pengertian tema wordpress ialah desain halaman dan tata letak blog yang berbasis wordpress, tema wordpress merupakan gabungan dari file HTML, CSS, PHP, gambar dan file yang lainnya. WordPress theme (tema wordpress) satu dengan yang lainnya mempunyai karakter sendiri-sendiri sehingga theme yang satu dengan yang lainnya akan berbeda.
Sebagai contoh yang sngat mudah ialah silahkan teman-teman lihat saja tampilan blog ini, apa yang teman-teman lihat seperti kolom atas, 2 kolom di samping kanan artikel, kolom bawah dan seluruh desain yang ada adalah merupakan hasil dari sebuah rancangan tema wordpress.
Bagi teman-teman yang membuat blog wordpress menggunakan wordpress.org ( blog wordpress self hosting/hosting sendiri) dan bukan yang wordpress.com (yang gratisan), untuk mengganti theme bisa di lakukan dengan cara memakai tema yang disediakan wordpress maupun tema yang yang tidak tersedia di wordpress karena dalam blog wordpress self hosting sudah ada fitur upload untuk mengupload tema yang teman-teman miliki, yang penting teman-teman telah mempunyai file theme yang mau di install. Bagi teman-teman yang hanya menggunakan blog wordpress gratisan, teman-teman hanya dapat menggunakan tema yang disediakan oleh wordpress.com
Bagi teman-teman yang sudah bisa bahasa pemograman (Coding) silhakn buat tema dengan kreasi sendiri yang semenarik mungkin tetapi Apabila teman-teman masih merasa belum atau tidak mampu untuk merancang wordpress theme sendiri, maka teman-teman dapat download wordpress themesecara gratis.
Di dunai maya ini (internet), sangat banyak website yang menyediakan free wordpress theme (tema wordpress gratisan), ada ribuan theme yang bisa teman-teman gunakan secara gratis.
Berikut ini adalah contoh website yang menyediakan theme wordpress gratis :
Tetapi ingat, ada satu hal yang harus teman-teman perhatikan apabila teman-teman menggunakan Free WordPress Theme yaitu Perancang teman biasanya memasang link di dalam design tema mereka yang biasa disebut sebagai Credit Link. Kewajiban teman-teman sebagai seorang pengguna Tema gratisan tersebut yaitu tidak boleh menghapus ataupun mengganti link tersebut, itu adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap perancang theme yang telah menyediakan waktunya untuk membuat theme yang teman-teman gunakan.
Jika teman-teman menginginkan tema berbayar (premium) teman-teman dapat membelinya, Premium wordpress theme adalah tema wordpress yang tidak gratis untuk mendapatkannya alias berbayar alias teman-teman harus beli apabila ingin menggunakan theme tersebut. Sebuah tema Premium umumnya memang dirancang lebih baik dari padatema gratisan baik dari segi design ataupun aplikasi yang digunakan.
Berikut contoh beberapa website yang meyediakan Premium WordPress Theme :
Bagaiamana dengan blog ini, blog ini sengaja memakai tema berbayar dari woo theme, tetapi bila teman-teman menginginkan tema berbayar yang saya pakai atau ingin memilik tema gatisan atau premium, silahkan teman-teman melalukan reques (permintaan) melalui kontak komentar yang ada dibagian bawah blog ini, Insya Alloh jika saya online saya akan mengirimkan link downloadnya untuk teman-teman melalui e-mail.

source: arrofi.com



Tidak ada komentar: